Khasiat dan Manfaat Luar Biasa Jus Semangka bagi Kesehatan

blogger templates
Manfaat Jus Semangka untuk kesehatan. -Semangka yang masih sekerabat dengan melon dan ketimun ini sebenarnya termasuk jenis sayur-sayuran, buakan buah. Lycopene, antioksidan yang terkandung dalam buah semangka jenisnya sama dengan yang terkandung pada tomat mentah. Secangkir buah semangka  mengandung lycopene yang sama dengan 2 buah buah tomat berukuran sedang.

Sumber beta-carotene terdapat pada buah ini. Kulit buah semangka merupakan sumber citrulline, asam amino yang merangsang produksi nitric oksida yang  memperlancar aliran darah melalui pembuluh arteri. 

semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi mencapai sekitar 92% dan 8% gula. Bermanfaat sekali untuk menghilangkan rasa haus dan dehidrasi.  Semangka sangat baik untuk menghilangkan kolik dengan kandungan kalium yang baik.

100 gram semangka mengandung :

- Fosfor (P) 16,9 miligram
- Magnesium (Mg) 15,4 miligram
- Kalsium (Ca) 10,8 miligram
- Karbohidrat 11,6 gram
- Protein 0,9 gram
- Vitamin A 876 IU
- Vitamin C 12,5 miligram

Khasiat Buah Semangka

Selain manis, enak untuk dimakan, karena kaya akan zat yang terdapat dalam semangka. Buah ini juga dapat mengobati dan mengurangi berbagai penyakit, diantaranya :

Khasiat Luar Biasa Jus Semangka bagi Kesehatan
Khasiat Luar Biasa Jus Semangka bagi Kesehatan
Lypocene yang ditemukan dalam buah ini sangat efektip mencegah kanker, karena mampu memper baiki dan memperbaharui jjaringan atau sel yang rusak.

Likopen salah satu komponen karotenoid seperti halya betakaroten. Tapi dibandingkan dengan antioksidan lainnya, seperti vitamin C dan E, kekutan likopen dalam memerangi radiakal bebas jauh lebih ampuh. Radikal bebas berlangsung tidak terkendali, baik itu karena pola makanan yang tidak teratur, polusi atau pikiran yang negatif, dan kekebalan tubuh akan menurun. Akibatnya kulit tubuhpun menjadi kering, kendur, dan suram. Bahkan berbagai macam penyakit pun bakal gsmpang menyerang. Karena kemampuan likopen yang ada dalam semangka ini radikal bebas akan langsung lumpuh.

Likopen inilah yang mampu melumpuhkan bibit-bibit kanker. Memperbanyak makan semangka, bahkan setiap haripun tidaklah masalah, justru dapat menyusutkan risiko kanker mulut rahim dan kanker pankreas pada wanita. Likopen semangka mampu mencegah risiko terhadap kanker pencernaan separuhnya, seperti kanker rongga mulut, kanker lambung, kanker kerongkongan, kanker usus besar, dan kanker anus. Begitupun terhadap kanker prostat.

Didalam semangka juga mengandung fitronutrien yang berkhasiat unutuk menjaga fungsi kesehatan organ internal, mata, sistem sekresi, dll.
  • Mengobati Diabetes Tipe 2
Semangka dapat dijadikan sebagai salah satu pengganti gula alternatif karena rasanya yang manis dan kadar gulanyapun rendah. Selain itu, berbagai vitamin dan mineral membantu bekerjanya senyawa insulin didalam tubuh, sehingga mampu menurunkan tingkat gula darah.

Karena kandungan arginin yang tinggi , buah ini dapat membantu mengobati diabetes tipe 2 (gaya hidup).
  • Membangkitkan Libido Pria
Likopen dalam buah semangka memiliki khasiat khusus bagi pria yang sudah menikah. Buah ini dapat membantu meningkatkan kesuburan dan membangkitkan gairah seksual pria.

Peneliti menunjukan bahwa memiliki zat yang sama hebatnya dengan viagra yaitu sitrulin yang tanpa efek samping.
  • Membersihkan Ginjal
Karena kandungan kaliumnya buah ini dapat membersihkan racun-racun yang ada diginjal. Dan dapat membantu dalam mengurangi kosentrasi jumlah asam urat dalam darah.
  • Memperkuat Kerja Jantung
Kaya akan kandungan lypocene dan karotenoid dapat meingkatkan fungsi jantung.
  • Merangsang keluarnya air seni lebih deras
  • Menurunkan tekanan darah, kolesterol, stroke.
  • Menurunkan demam
  • Mencegah sariawan dengan ampuh
  • Mencegah penuan dini

Itulah khasiat luar biasa semangka, sangat banyak kan ! apa yang kami tulis ini bermanfaat dan baca juga artikel yang lain kami tentang Cara Mencegah Kanker dengan Terapi Jus