Khasiat dan Manfaat Coklat (Kakao) untuk Kesehatan

blogger templates
Khasiat dan Manfaat Buah Coklat (Kakao). -Kebanyakan orang tentu sudah mengenal bahan dasar untuk membuat coklat yaitu buah kakao. Buah kakao ini sangat banyak dibudidayakan di Negara Indonesia, namun sayangnya untuk pengolahan kebanyakan di proses oleh Negara Eropa seperti Belgia dan Negara lainnya.

Kakao (Theobroma cacao) merupkan tumbuhan yang berasal dari Negara Amerika Selatan, yang merupakan tumbuhan tahunan/perennial yang dapat tumbuh hingga ketinggian sampai 10 m. Namun dalam pembudidayaannya tingginya dibuat tidak lebih dari 5 m dengan tajuk yang dibuat menyamping yang meluas untuk memperbanyak cabang produktifnya. Tumbuhan ini akan tumbuh subur di daerah yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia, Ghana, Pantai Gading dan Brasil.

Kebanyakan orang menyebut buah kakao dengan sebutan buah Coklat, hal ini karenea buah kakao merupakan penghasil coklat. Di kampung kami buah kakao ini sangat mudah ditmeukan dan juga dikenal dengan nama buah coklat, yang sangat diminati oleh anak-anak. Karena selain rasanya yang manis juga karena mudah didapat dan bijinya kita kumpulkan, lalu dijemur dan dijual. Terkadang kita tak sengaja menggigit bijinya yang pahit.

Kakao atau Coklat merupakan yang termasuk kategori yang mudah dicerna oleh tubuh, dan buah coklat ini mengandung banyak vitamin yaitu A1, B1, B2, C, D, dan E serta mengandung beberapa mineral seperti Fosfor, magnesium, zat besi, Zinc, dan tembaga.  Coklat juga terkenal mengandung antioksidan, flavonoid dan lemak.

inilah Manfaat Buah Coklat (Kakao) untuk Kesehatan
www.tradisionalkesehatan.com
Hasil dari penelitian yang dilakukan di Sandiego School of Medicine, Clifornia University, menegaskan Bahwa dengan Coklat, tingkatan strees bisa diminimalisir bahkan dihilangkan. Hal ini tak lepas dari kandungan yang terdapat pada coklat yaitu molekul psikoatif yang dapat membuat pemakan coklat merasa nyaman. Selain kandungan nutrisi yang telah disebutkan diatas buah kakao ini juga mengandung kafein, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine.

Manfaat Buah Coklat (Kakao) untuk Kesehatan

Buah kakao ternyata sudah dikonsumsi sejak dulu kala, hal ini tak lepas dari manfaat yang diberikan untuk kesehatan, yang telah ditemukan melalui penelitian yang dapat dipertanggung jawabkan. Nah untuk manfaatnya  simak dibawah ini.
  • Bahan Dasar untuk Pembuatan Coklat
Buah coklat yang biasanya sudah siap dipanen akan diambil dan diolah menjadi dasar pembuatan coklat. Hasil dari olahan ini sangat bervariasi namun umumnya ada dua jenis yaitu dark chocolate dan bubuk coklat. Kedua bahan inilah yang menjadi olahan yang menghasilkan berbagai macam makanan yang tersebar dipasaran. Namun kita harus berhati-hati dalam mengkonsumsi jenis coklat yang sudah jadi seperti coklat batangan, permen coklat, dan lain sebagainya, olahan ini memiliki kandungan gula yang tinggi untuk menutupi rasa pahit yang terdapat pada biji coklat tersebut. Ini sangat berbahaya bagi anda yang menderita penyakit diabetes dan obesitas.
  • Menurunkan kadar kolesterol Tinggi pada Tubuh
Kandungan Falvonoid pada bauh coklat berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol buruk, LDL, yang dapat merusak arteri dan dapat memperbesar peluang untuk terkena penyakit jantung atau serangan jantung. Kandungan flavonoid ini juga bermanfaat sebagai  zat yang akan menjauhkan dari penyempitan pembuluh darah, strok dan menurunkan tekanan darah .
  • Memperbaiki Mood
Kandungan kafein, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine alami pada buah coklat bermanfaat sangat baik untuk tubuh kita, terutama untuk memperbaiki kondisi pikiran-pikiran tubuh dan menenangkatnya. Dengan memakan produk olahan coklat murni yang tinggi, kondisi mood yang buruk akan dengan cepat teratasi. Selain itu kandungan yang ada pada coklat yang tadi telah disebutkan, juga sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya stress, mengurangi stress, mengurangi kelelahan dan menenagkan kondisi pikiran.
  • Menangkal Radikal Bebas
Seperti yang kita ketahui bahwa radikal bebeas yang tidak tertangkal dan masuk kedalam tubuh dapat enyebabkan berbagai macam penyakit dan dapat melemahkan system imunitas. Maka dari itu dengan  mengkonsumsi coklat sangat baik untuntuk anda yang ingin terbebas dari berbgai penyakit yang disebabkan radikal bebas. Sebab didalam buah coklat terdapat antioksidan dan flavonoid yang memiliki fungsi utama yaitu menangkal radikal bebas yang akan menyakiti tubuh.
  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Dengan mengkonsumsi coklat akan membantu dalam menurunkan tekanan drah tinggi anda. sebab kandungan flavonoid yang terdapat pada coklat ini mampu menenangkan syaraf dan pikiran, sehingga tubuh anda akan terasa rilek dan santai. Dan tekanan darah tinggi anda akan terkontrol.
  • Anti Aging (Penuaan)
Salah satu hal yang paling merepotkan bagi kaum hawa ialah proses penuan. Banyak kaum hawa yang mencari bebagai cara untuk mengurangi peroses penuaan ini. Namun masih saja belum menemukan caranya padahal sangatlah mudah yaitu dengan cara mengkonsumsi coklat. Kandungan minyak esensial yang pada buah coklat mampu memberikan efek anti aging yang luar biasa sekaligus mengurangi tanda-tanda penuaan pada tubuh. selain itu juga banyak manfaat dari minyak esensial ini diantaranya, memperkuat tulang, mempertahankan kesehatan kuku, menjaga dan memperkuat rambut dan menjaga kesehatan kulit.
  • Mencegah Kanker
Slah satu cara yang sangat mudah untuk kita lakukan dalam mengatasi kanker adalah mencegahnya. Dengan bantuan coklat akan mencegah keruskan-kerusakan sel yang dapat menjdi pemicu munculnya kanker dan tumor pada bagian tubuh tertentu.
  • Menyembuhkan Batuk
Kandungan Theobromine pada coklat bermanfaat baik untuk menyembuhkan dan mengurangi gejala batuk yang anda alami ini.
  • Meningkatkan Energi dan menghilangkan Rasa Lelah
Aktivitas sehari-hari sperti bekerja pastinya sangat menguras energi tubuh anda, karena itu ketika rasa lelah sudah menghampiri anda dan tenaga anda sudah habis, istirahatlah sejenak dan minumlah atau konsumsi coklat. Hal ini dapat membantu mengembalikan energy dan mencegah stress.
Manfaat Kakao Menurut Ahli Gizi

Pendapat ini diutarakan oleh seorang ahli gizi holistic JoyMcCarthy :
-Biji kakao kaya dengan sejumlah mineral penting seperti magnesium, kalsium, belerang, seng, zat besi, tembaga, kalium dan mangan.
-Kakao merupakan sumber magnesium yang alami no satu. Magnesium ini mampu menyeimbangkan zat-zat kimia didalam otak, membangun tulang yang kuat dan membantu dalam meregulasi detak jantung dan tekanan darah (di Neal Yard Remedies, Tipper Lewis)
-Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi mampu mendukung system kardiovaskulat dan saraf dengan mencegah terbentukanya radikal bebas.

Selain bahan dasar untuk pembuatan coklat ternyata buah kakao ini sangat bermanfaat untuk tubuh, terutama untuk kesehatan. Hal ini perlu anda perhatikan untuk masa depan dengan cara membudidayakan buah coklat ini sebaik mungkin.

Itulah beberapa Manfaat Buah Coklat (Kakao) untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui. Semoga dengan artikel ini bisa membuat pengetahuan anda lebih bertamabh dan semgoba banyak manfaatnya. Baca juga artikel kami yang lainnya yaitu tentang Manfaat Buah Anggur yang Wajib diketahui