Manfaat dan Khasiat Jus Mengkudu untuk Kesehatan

blogger templates
Manfaat Jus buah  mengkudu untuk kesehatan telah tersohor ke berbagai Negara bahkan sudah sejak lama telah dijadikan sebagai obat alternative herbal yang alami dan paling ampuh meskipun buah ini sedikit mengganggu indra penciuman kita karena aroma baunya yang tidak sedap.
Mengapa  buah ini memiliki bau yang tidak sedap ? nah harus anda  ketahui bahwa didalam buah mengkudu ini terdapat asam lemak seperti asam kaproat dan asam kaprilat. Kandungan asam ini lah yang menyebabkan bau, karena beracmpur dengan sepuluh atom karbon. Dan semua senyawa tesebut mengandung asam kaprat zat antibiotic aktif yang sangat bermanfaat bagi tubuh dalam melawan berbagai jenis parasite yang akan menyerang tubuh.
Sebelum kita membahas manfaat buah mengkudu, alangkah baiknya jika kita lebih mengenal dan mengetahui nutrisi apa saja yang terkadnung didalamnya. Buah mengkudu (Morinda Citrifolia) atau yang dikenal dengan nama pace ini termasuk kedalam family Rubiaceae ini merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara. Bentuk buahnya agak lonjong dan berbintik pada permukaan, dan didalamnya terdapat biji yang berwarna hitam dengan daging yang berwarna putih.
Di Negara Indonesia sendiri buah ini dikenal dengan nama pace atau cangkudu, berbeda dengan Negara lainnya, mereka menyebut buah ini dengan nama buah Noni (noni Fruit). Pada umumnya masyarakat Indonesia menjadikan buah ini menjadi bahan makanan seperti rujak dan juga jus. Bagi mereka yang tidak menyukai buah ini sebaiknya belajar untuk mengenalnya karena buah yang satu ini memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

inilah Manfaat jus buah mengkudu untuk kesehatan
www.tradisionalkesehatan.com
 Dari berbagai informasi yang didapat, ternyata buah yang mengkudu memang sudah sejak zaman dahulu dikonsumsi sebagai obat herbal, tidak terkecuali dengan jus buah mengkudu. Memang buah ini memiliki rasa yang pahit dan tidak enak, namun jika kita menjadikannya sebagai jus, rasanya pun akan lebih enak dan manis dari biasanya.
Dibalik rasanya yang kurang enak dan pahit ini tersimpan sangat banyak zat dan nutrisi yang sangat  bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Beberapa diantaranya adalah zat terpenoid, protein, vitamin, zat antibakteri (psedoudomonas aeruginosa, staphylococcus aureus, protens morganii, bacillus subtilis dan escherichhia), zat anti kanker, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Berbicara tentang manfaat buah yang satu ini sudah tidak diragukan lagi, karena banyak orang yang telah berhasil mengatasi berbagai penyakitnya. Langsung aja anda simak dibawah ini.
Melebarkan dan  Melenturkan Pembuluh darah
Sekitar pada tahun 1993 Universitas Hawaii berhasil melakukan penelitian yaitu memisahkan zat-zat scopoletin dari buah mgnkudu ini. Dr. Neil Solomom, MP.PhD menyatakan bahwa buah noni/mengkudu ini mengandung senyawa sejenis fitonutrien, yaitu scopoletin yang berfungsi untuk melebarkan dan melenturkan pembuluh darah yang bermasalah atau mengalami penyempitan dan dapat membersihkan endapan yang menjadi penyebab hal itu.
Nah jika pembuluh darah menjadi lentur tekanan darahpun akan menjadi normal kembali dan kerja jantung pun dalam memompa darah menjadi tidak betu berat. Nah dari mereka yang mengalami pentakit jantung melaporkan bahwa sesak nafas mereka hilang atau berkurang setelah mereka meminum noni juice/Jus mengkudu.
Harus kalian ingat bahwa jika penyampitan pembuluh darah tidak dengan cepat kita tangani, akan berakibat timbulnya berbgai penyakit seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung, stroke dan mengakibatkan kerusakan otot-otot jantung secara permanen.
  • Mengobati Diabetes
Dalam kasus penyakit yang satu ini buah mengkudu akan membantu  memulihkan sel-sel beta yang tidak berfungsi sehingga dapat kembali menerima dan menggunakan glukosa yang dibawa dalam aliran darah. Dalam hal ini buah noni ini bertindak sebagai adaptogen yang akan membantu sel-sel yang sakit untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Umumnya bagi mereka yang sudah mulai merasakan manfaat buah noni mulai dari sebulan penggunaan jika diminum secara teratur.
  • Stress dan Depresi
Kandungan zat scopoletin pada buah  mengkudu juga mampu mengikat serotonin. Menurut Dr. Harrison (Dc.General Hospital.USA), Scopoletin dapat meningkatkan kerja kelenjar peneal yang terdapat dalam otak, yang merupakan tempat dimana serotonin diproduksi dan digunakan untuk menghasilkan hirmon melatonin.
Kandungan serotonin dan melatonin ini mampu mengatur beberapa kegiatan tubuh yang menghilangkan stress, regulasi suhu badan, suasana hati (mood), masa pubertas, dan sirkulasi pemberntukan sel telur, prilaku seksual dan rasa  lapar. Nah jika tubuh anda kekurangan serotonin dalam tubuh, dapat  mengkibatkan penykit migraine, pusing depresi stress bahkan dapat  mengakibatkan penyakit Alzheimer.
  • Kanker dan Tumor
Kandungan damnachantal yang terkandung dalam buah mengkudu ini bermanfaat dalam menghambat reproduksi sel-sel kanker secara signifikan. Selain itu juga sebuah penelitian membuktikan bahwa noni juice ini bermanfaat merangsang tubuh untuk memproduksi elemen-elemen dari tubuh untuk melawan kanker. yakni elemen-elemen itu adalah nitrit oksida, interleukin, interferon, factor  nekrosis tumor, lipopoliakarida dan sel-sel pembunuh kanker yang lainnya.
Dengan meminum jus mengkudu (noni Juice) maka tubuh anda akan memperoleh asupan zat-zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan anda. maka dari itu jangan lah menghiraukan baunya yang tak sedap itu, karena kami disini akan memberikan beberapa cara membuat jus mengkudu ini supaya tidak baud an rasanya enak untuk diminum. Pilihlah buah  mengkudu yang sudah masak tetapi masih berwarana hijau tua karena mengkudu yang matang berwarna hijau memiliki kandungan bioaktif paling tinggi dan baunya berada pada kadar paling rendah,  dan anda juga bisa tambahkan beberapa  buah lain seperti anggur, apel .
Itulah beberpa manfaat jus buahmengkudu yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk semua orang dan jangan lupa untuk di share ke teman, sahabat dan yang lainnya.