Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet dan Merawat Wajah

blogger templates
Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet dan Wajah. -Jeruk nipis dengan nama latin Citrus aurantifolia merupakan buah yang terkenal dengan rasanya yang asam dan nilai kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Bentuk buah ini mungil dan memiliki rasa yang khas. Dibalik bentuk dan rasanya yang khas terkandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Buah ini mengandung vitamin C sangat tinggi yang sudah diketahui semua masyarakat. Dan kandungan nutrisi yang lain yang ada dalam buah jeruk nipis adalah Vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, lemak, serat pangan, kalsium, protein, asam folat dan mineral seperti zat besi magnesium, kalium, gula dan seng. dan tak lupa asam sitrat yang menyebabkan rasa buah ini menjadi asam.

Jeruk nipis ini kerap kali digunakan untuk ramuan taradisional mengobati berbagai penyakit. diantaranya radang tenggorokan, batuk, amandel dan lain-lain. Selain untuk pengobatan penyakit jeruk nipis juga sangat baik untuk kecantikan wajah, bahkan jaman sekarang ini jeruk nipis sudah menjadi bahan utama produk kecantikan.

inilah manfaat jeruk nipis untuk memutihkan wajah

Memutihkan wajah secara alami dengan jeruk nipis adalah salah satu pilihan yang tepat. Selain harga jeruk nipis yang murah juga mudah didapatkan.  Kandungan vitamin c pada jeruk nipis ini mampu membuat kulit wajah anda menjadi halus, puith, kencang, mengecilkan, merapatkan pori-pori, menghaluskan dan mencerahkan kulit. Lalu bagaimana caranya ? langsung ajah anda simak dibawah ini.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah
  • Mencerahkan dan menghaluskan kulit
Bagi anda yang tidak suka Menggunakan kosmetik dan mengeluarkan uang yang banyak untuk mencerahkan wajah anda. menggunakan jeruk nipislah salah satu solusinya. Penggunaan jeruk nipis ini selain mencerahkan wajah juga tidak mengandung efek samping

Cara membuatnya yaitu siapkan satu buah jeruk nipis yang bersih, kemudian potong menjadi dua bagian dan peras sampai keluar airnya. Setelah terkumpul airnya tambahkan sedikit madu dan aduk sampai rata. Kemudian oleskan pada wajah anda yang sudah dibersihkan. Biarkan beberapa saat agar madu dan jeruk nipis terserap oleh wajah anda. terakhir bersihkan kembali wajah anda.
  • Menghilangkan Jerawat
Kandungan Vitamin C dan flavanoid (anti oksidan yang kuat) yang terdapat pada buah jeruk nipis ini bermanfaat menghilangkan jerawat dan dengan kandungan disinfektan dan mineral yang lumayan tinggi juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit wajah anda.

Caranya yaitu sama dengan cara yang diatas, langsung saja anda siapkan air perasan jeruk nipis secukupnya dan tambahkan satu sendok madu  kedalamnya.  Kemudian oleskan pada wajah anda yang terkena jerawat, diamkan selama kurang lebih 15 menit. terakhir bersihkan wajah anda dengan handuk halus yang basah.
  • Menghilangkan noda hitam
Noda hitam yang membekas di wajah diakibatkan oleh sel kulit mati, bekas jerawat, kotoran menyumbat pori-pori atau masalah kulit lainnya. kandungan asam sitrat dalam jeruk berfungsi untuk menghilangkan noda hitam di wajah anda.

Caranya sediakan satu buah jeruk nipis yang sudah dibersihkan dan potong menjadi dua bagia, lalau gosokan secara perlahan pada bagian wajah yang ada noda hitamnya. Tunggulah hingga terasa mengering kemudian bersihkan wajah anda dengan air dingin. Hati-hati cara ini sebaiknya dihindari jika pada wajah anda terdapat luka yang serius, karena akan menimbulkan perih dan iritasi kulit.
  • Menghilangkan keriput dan kerutan dibawah mata
Caranya sediakan 1 sendok makan susu dan 3-4 tetes air jeruk nipis. Lalau kedua bahan tersebut campurkan sampai rata. Setelah itu gosokan campuran tadi ke bagian wajah yang keriput sebelum tidur. Terakhir bersihkan dengan air hangat setelah bangun. 

Gunakan krim pembersih wajah yang bisa anda gunakan kearah yang berlawanan dengan keriput di wajah anda. diamkan selama setengah jam lalau bilas dengan air hingga bersih. 
  • Menghilangkan bau badan
Bagi anda yang terganggu dengan bau badan, jangan khawatir. Masalah itu bisa diatasi dengan gambang . dengan cara ambil buah jeruk nipis yang sudah bersih dan potong menjadi dua bagian, lalu olesi bagian dalam jeruk nipis dengan kapur sirih, kemudian oleskan di ketiak anda setelah habis mandi dan tunggu hingga 5 menit lalu bersihkan dengan air .

Ternyata jeruk nipis memiliki banyak manfaat selain untuk bumbu dapur juga sangat baik dijadikan bahan alami kecantikan. Selain itu jeruk nipis ini sangat baik juga untuk mengobati berbagai penyakit, seperti kolestrol dan prnyakit lainnya.

Itulah sedikit ulasan mengenai Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan wajah yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat bagi anda pembaca dan jangan lupa untuk dibagikan kepada teman anda.

Baca juga artikel tentang Manfaat Jeruk Purut untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit