Khasiat dan Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

blogger templates
Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan. -Buah kesemek merupkan jenis buah-buahan dari marga Diospyros, dengan nama ilmiahnya adalah Diospyros kaki (kakai dalam bahasa jepang yang artinya zat tanin yang dihasilkan buah ini). Buah kesemek memiliki nama populer dibelahan dunia dengan nama persimmon. Dan buah ini pun terdiri dari banyak varietas, seperti japannese persimmon, america persimmon, black persimmon, india persimmon dan lain-lain.

Buah kesemek ini  memiliki ciri seperti buah apel , namun bedanya pada kulit buahnya terdapat bedak putih yang menyelimuti.  Buah kesemek yang matang berwarna antara jingga kekuningan sampai kemerahan. Anda bisa memakannya langsung dalam keadaan segar setelah diolesi air kapur dan diperam (supanya rasa sepatnya hilang). Sesuai dengan selera anda buah kesemek bisa diolah menjadi selai, agar-agar, es krim dan lain-lain.

Buah ini mengandung zat tanin yang diberi nama tanin-kaki yang menimbulkan ras sepat. Namun zat ini akan hilang berjalan dengan masaknya buah ini, jadi semakin masak buah ini semakin berkurang pula zat tanin di dalamnya.

Buah kesemek ini mungkin sangat jarang dikonsumsi oleh banyak orang, karena memang buah ini sedikit langka. Namun  dibalik itu buah kesemek menyimpan banyak manfaat dan dapat menghilangkan berbagai penyakit dari tubuh anda.

inilah Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi  buah ini sangat baik, beberapa kandungannya cukup penting untk tubuh kita seperti Vitamin A, Protein, kalium, karbohidrat, likopen dan lain-lain. Kandungan nutrisi inilah yang menyebabkan buah kesemek sangat bermanfaat untuk kesehatan badan kita. lalu apa saja manfaat buah kesemek bagi kesehatan ? berikut ini adalah jawabannya.

Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan Tubuh
  • Mencegah Kanker
Kandungan tinggi akan Vitamin C, A, serta senyawa fenolik seperti katekin dan gallocatechins yang terkait ke pencegahan berbagai jenis kanker. Antioksidan pada buah kesemek bertugas untuk menemukan radikal bebas dan menghilangkannya dari tubuh, sehingga kesehatan tubuh kita meningkat dan terlindungi dari berbagai serangan penyakit.
  • Menjaga kesehatan pencernaan
Seperti buah-buahan yang lain buah kesemek juga merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan tubuh, hampir 20% kebutuhan akan serat dapat terpenuhi. Serat akan membantu proses pencernaan makanan dengan efisien dan mengurangi gejala sembelit maupun diare. Secara umum, buah yang tinggi serat seperti halnya buah kesemek ini bisa menjadi pendorong utama kinerja sistem pencernaan dan dapat terlindungi dari serangan kanker kolorektal dan jenis pencernaan lainnya.
  • Meningkatkan Sitem Imun
Kesemek mengandung asam karbonat (vitamin C ) yang tinggi sehingga dapat memenuhi sekitar 80% dari kebutuhan nutrisi harian. Kandungan vitamin c bermanfaat untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan pertahanan terdepan terhadapat vitus, infeksi jamur serta benda sing serta zat beracun.
  • Anti Tumor
Kandungan asam betulinic terbukti merupakan senyawa anti-tumor. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan terjaring tumor dengan jalan menginduksi apoptosis. Dan apabila anda sudah memiliki tumor, maka dengan memakan buah kesemek akan sedikit sedikit mengurangi ukuran dan menghetikan perkembangan tumor menjadi kanker.
  • Menjaga Kesehatan Mata
Senyawa Zeaxabthin yang merupakan anggota dari vitamin B kompleks ini, secara langsung terkait dengan peningkatan kesehatan mata karena sifatnya sebgai antioksidan.  Dan dari hasil penelitian Senyawa Zeaxanthin dapat juga mengurangi degenerasi makula, rabun senja dan katarak.
  • Anti Penuaan Dini
Buah kesemek kaya akan vitamin, khususnya vitamin A , beta-karoten, likopen, lutein dan cryptoxanthins. Ini semua juga berfungsi sebgai antioksidan, terutama semua ini berfungsi untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dan stres oksidatif pada kulit, seperti halnya keriput, bintik-bintik hitam akibat usia, dan mencegah berbagai penyakit seperti pikun, kelelahan, kelemahan otot, dan yang lainnya.
  • Menurunkan Darah tinggi
Kandungan kalium yang signifikan dalam buah kesemek dapat bertindak sebgai vasodilator dan menurunkan tekanan darah, sehingga akan meningkatkan aliran darah keseluruh bagian tubuh. Hal inilah yang akan mengurangi ketegangan pada sistem kardivaskular dan mencegah berbagai macam penyakit jantung.

Peringatan.!!!
Buah kesemek dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan, jadi jika menderita tekanan darah rendah itu bisa membahayakan.

Itulah beberapa manfaat buah kesemek untuk kesehatan tubuh, dibalik rasanya yang manis ketika masak ternyata buah ini mampu memanjakan tubuh kita dengan khasiatnya yang sangat luar biasa. terimakasih atas kunjungan ke blog kami ini semoga bermanfaat.

Baca juga artikel tentang  Manfaat Bauh Apel untuk Kesehatan Tubuh