Khasiat dan Manfaat Buah-Buahan untuk Penambah Darah yang Efektif

blogger templates
Manfaat Buah-Buahan. -Darah merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam tubuh kita sebgai pengedar oksigen keseluruh tubuh . Oleh karena itu, darah dalam tubuh kita harus tetap seimbang. Sebab apabila kita sampai kekurangan atau klebihan darah akibatnya tubuh kita akan terkena penyakit. kekurangan darah akan berakibat terkena penyakit anemia dan kelebihan darah dapat menyebabkan darah tinggi.

Apakah anda salah satu orang penderita anemia ? jika iya, anda sangat perlu untuk memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi,dan konsumsilah buah-buahan penambah darah yang akan kita bahas dibawah ini.

Anemia Atau yang kita sebut dengan penyakit kekurangan darah disebabkan karena sel derah merah (hemoglobin) di dalam tubuh diproduksi dalam jumlah yang sedikit dan kurang . Anemia ini biasanya akan diawalai dengan gejala-gejala  seperti kepala pusing, mudah lelah, wajah menjadi pucat dan kurang semangat. Dan penyebab dari anemia itu sendiri  salah satunya adalah pendarahan berlebihan saat menstruasi, maka tak heran kebanyakan penderita anemia adalah perempuan.

Seseorang bisa dikatakan kekurangan darah apabila jumlah hemoglobin  dalam tubuh laki-laki kurang dari 13,5 g/dl dan jumlah hemaltrokit kurang dari 41, sedangakan pada perempuan jumlah hemoglobinnya kurang dari 11,5 g/dl dan jumlah hemaltrokit kurang dari 36 %. 

Untuk mengembalikan atau mencukupi kebutuhan sel darah merah dalam tubuh anda  maka anda perlu tambahan asupan zat protein dan zat besi. Yaitu dengan cara mengkonsumsi buah-buahan penambah dara. Lalu buah apa saja yang bisa cepat menambah sel darah dalam tubuh kita ? langsung saja simak dibawah ini.

buah-buahan penambah darah yang efektif


Buah-buahan penambah darah yang efektif
  • Buah Alpukat
Dengan rasanya yang legit buah alpukat cocok dikonsumsi penderita anemia, karena selain nutrisinya  yang banyak diperlukan untuk tubuh buah ini juga kaya akan Zat besi. Zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membuntuk sel darah merah yang berfungsi untuk mengikat oksigen.
  • Buah Apel
Banyaknya kandungan zat besi dalam buah apel sangat membantu dalam mengingkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh kita. buah yang satu ini menjadu buah yang favorit karena rasanya yang manis dan mudah sekali di dapat. Jadi jika kita kekurangan darah dan ingin obat yang gampang dan enak , konsumsilah buah apel.
  • Buah Naga
Buah naga ini bagi rakyat dicina merupakan buah pembawa keberuntungan dan berkah. Meskipun buah ini masih belum diyakini banyak orang namun dapat membantu anda untuk menambah darah anda karena kandungan vitmain A nya yang banyak.
  • Buah Jeruk
Buah jeruk terkenal akan kandungan vitmain C nya . vitamin C tersebut mampu memperbanyak sel darah merah di dalam tubuh kita dan sangat baik untuk penderita anemia.
  • Jambu biji
Kandungan Vitamin C pada buah jambu biji lebih banyak dari jeruk danmampu membantu memperbanyak produksi sel darah merah didalam tubuh. Tetapi masih sedikit orang yang mengetahuinya. 
  • Buah kurma
Kurma sangat kan akan manfaat bagi tubuh kita, selain untuk penambah energi saat berbuka puasa, buah kurma juga bagus dimanfaatkan untuk penambah darah.  Buah kurma mengandung gula yang mudah dicerna sehingga lebih mudah untuk memberikan energi untuk kita, terutama bagi penderita anemia.
  • Buah Semangka
Buah semangka merupakan buah yang memiliki rasa yang segar saat dimakan apalagi jika dimakan dimusim panas. Buah yang mengandung banyka air dan manis ini mengandung vitmain A yang dibutuhkan untuk tubuh, apalagi penderita anemia sudah pasti sangat membutuhkannya. Buah semangka ini membantu tubuh dalam memobilisasi zat besi untuk diserap oleh sel darah merah yang membawa oksigen.

Itulah sebagian buah-buhan penambah darah untuk penderita anemia . masih banyak lagi buah-buhan lain yang dpat membantu dalam proses menambah darah diantaranya Tomat, mangga, pepaya, stroberi, sirsak, kesemek, anggur, kiwi, delima, pisang dan masih banyak lagi.

Tentunya asupan nutrisi dari buah-buahan alami lebih baik dan menyehatkan daripada suplemen kimia. konsumsilah semua buah-buahan penambah darah diatas dengan rutin untuk menghindari seggala penyakit yang akan menyerang tubuh kita. kombinasikanlah semua buah-buahan diatas untuk menghindari rasa bosan.

Semoga artikel tentang buah-buahan penambah darah yang efektif diatas bisa dipahami dan bermanfaat. amiiin

Baca juga artike yang lain tentang Manfaat Buah Pir  untuk Kesehatan dan Kecantikan