Manfaat Labu Kuning (Waluh) untuk Kesehatan

blogger templates

Manfaat Buah LabuKuning (Waluh). -Labu kuning merupakan tumbuhan yang asli berasal dari Negara Amerika, yang kinih telah menyebar keberbagai Negara yang memiliki iklim hangat. Labu kuning ini merupakan tanaman merambat yang termasuk suku labu-labuan (Cucubitaceae). Di Negara Indonesia Labu kuning ini sering disebut Labu saja, walaupun labu ini terdapat beberpa jenis, seperti labu siam, labu beligo, labu air dan labu ular. 

Buah waluh atau Labu kuning ini memiliki warna orange karena kandungan betakaroten didalamnya yang bagus untuk antioksidan. Ketika kita potong menjadi dua, buah ini memiliki penambang besar sangat mirip dengan bintang, dengan buah yang renyah, rasa manis dan sedikit asam, serta berbiji besar berwarna putih atau coklat yang bisa  dijadikan kwaci. Berbada dengan labu yang lain labu kuning ini dimakan saat masak. Selain itu daun buah waluh yang masih muda bisa kita jadikan untuk bahan sayur.

Kita tidak akan keseulitan untuk menemukan buah ini karena buah ini banyak ditanam di pedeseaan , dan jika anda jauh dari desa jangan kwatir buah ini sangat mudah juga ditemukan di supermarket atau pasar tradisional. Dinegara Eropa buah ini sering  dijadikan symbol pesta haloween, buah yang ukurannya besar dilubangi membantuk mata dan hidung dan diisi lilin pada malam hari.

Manfaat Buah Labu Kuning untuk Kesehatan
www.Tradisionalkesehatan.com
Dari rasa dan warnanya yang orange ini buah labu memiliki kandungan nutrisi yang banyak yaitu, Vitamin A, C, K, E, tiamin, niasin, lutein, riboflavin, zeaxanthin, asam patotenat, B6, folat dan Fro vitamin A. selin itu terdapat karbihidrat yang banyak, maka tidak heran jika kita berbuka puasa setelah memakan kolak waluh, merasa kenyang dan akhirnya menunda makan nasi.

Dari kandungan gizi yang telah kami paparkan diatas tentunya buah labu  memilik manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita, untuk penjelasannya simaklah sampai akhir . 
  •  Menjaga Kesehatan Mata
Tentunya hal yang mengenai masalah mata sangat berkaitan dengan vitamin A. Nah Kandungan Vitmain A sebanyak 426 gram pada buah labu ini sangat membantu untuk menjaga dan merawat kesehatan mata anda. Semakin tua usia anda maka mata anda juga akan semakin menua dan lensa pupil akan semkin mengeruh. Oleh sebab itu tunggu apalagi, mulai dari sekarang untuk mengurangi dan mencegah mata anda semakin rusak supaya banyak mengkonsumsi vitamin A. apalagi dalam buah labu ini terdapat kandungan fro Vitamin A yang setiap saat siap untuk dijadikan Vitmain A.
  • Mempercepat Pertumbuhan Tulang dan Gigi
Pada buah labu terdapat kandungan kalsium dan fosfor, kedua zat ini jika bekrja sama dengan baik maka sangat akan memprkuat dan membantu pertumbuan tulang dan gigi. Maka dari itu bagi ibu yang mempunyai anak yang sedanga dalam masa prtumbuhan dianjurkan rajin untuk mengkonsumsi buah labu. Dan bagi para manula pun demikian sangat dianjurkan pula karena utnuk memperkuat tulang dan giginya.
  • Membuat Awet muda
Untuk menjaga wajah dan tubuhnya banyak orang yang mencari makanan yang memiliki  manfaat supaya tetap awet muda. Nah salah satunya adalah buah labu ini, kandungan Vitamin E sebesar 0,44 gr cukup untuk anda. vitamin E ini akan menjaga kekecangan kulit anda.
  • Menjaga dari Radikal Bebas
Kandungan Antioksidan pada buah  labu ini akan menepis atau memperkuat pertahanan tubuh anda dari berbagai radikal bebas yang setiap hari menyerang diri anda. apalagi bagi anda yang aktivitasnya banyak diluar dibawah terik sinar matahari.
  • Mencegah Kanker
Hasil pengamatan dari berbagai Negara yaitu Amerika Serikat, Australia dan Prancis menunjukan bahwha bagi mereka yang rajin mengkonsumsi waluh secara teratur akan terbebas dari penyakit kanker. hal ini dikarenakan pada buah waluh ini terdapat kandungan senyawa karetonoid seperti lutein dan zeaxanthine yang sangat berpotensi melawan radikal bebas dalam tubuh.
  • Mengendalikan Kadar Gula Darah dalam Tubuh
Walu berbperan dalam  memelihara fungsi normal pancreas sehinga dapat membantu mengendalikan gula darah anda.  dari itu bagi yang menderita diabetes mellitus dianjurkan untuk teratur memakan buah waluh ini.
  • Menyehatkan Kulit
Makan labu juga sangat mendorong regenerasi sel kulit, serta dapat melawan kuman penyebab jerawat. Kandungan Vitamin E, magnesium, dan Zinc yang bermanfaat untuk menyegarkan dan menyehatkan kulit anda.

Buah labu memang sangat bermanfaat untuk  menjaga kesehatan tubuh anda.  selain manfaat yang telah kami jelaskan kami di atas, buah labu ini masih banyak sekali manfaatnya salah satunya sebagai zat inflamasi, dapat  mengurangi resiko stroke, baik untuk penderita anemia, menenagkan syraf dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa Manfaat Buah Labu bagi Kesehatan Tubuh yang dpat kami smapaikan , semoga bermanfaat untuk kita semua. Dan kami sarankan untuk menyisipkan buah atau syuran ke menu makanan anda setiap harinya.