Manfaat daun Kumis Kucing untuk Kesehatan

blogger templates
Khasiat Kumis Kucing Untuk Kesehatn. -Tumbuhan dengan nama ilmiah orthosiphon aristatus atau yang kita kenal dengan nama Kumis kucing, tumbuhan ini tergolong dalam familia labiatae. Tanaman yang memiliki ciri khas pada bagian kelopak bunganya ini merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia yang mampu menanggulangi cukup baynak penyakit.

Masyarakat menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional, seperti untuk menyambuhkan batuk, encok, masuk angin dan sembelit. Selain itu daun tanaman ini juga bermanfaat untuk mengobati radang ginjal, batu ginjal, albuminuria, kencing manis, rematik, menurunkan kadar gula dan syphilis.

Kegunaan Tumbuhan kumis kucing sangatlah banyak, semua itu taklepas dari banyaknya kandungan zat kimia seperti, minyak atsisi, sapofonin, saponin,  mioinositol,  sinensetin, zat samak dan kalium. Dan dari kandungan zat kimia itu, tidak sedikit pakar pengobatan tradisional sepakat utnuk memasukan kumis kucing ke daftar tumbuhan tanpa efek samping.

Nah untuk lebih jelasnya tentang cara pengobatan taradisional kami akan memberikan cara untuk penyajiaan obatnya, langsung saja simak dibawah ini :


Khasiat Kumis Kucing Bagi Kesehatn Mengobati diabetes
www.tradisionalkesehatan.com
Khasiat Kumis Kucing Bagi Kesehatn : 
  • Diabetes
Sediakan 15 lemabr kumis kucing, kemudian cuci samapai bersih. Caranya rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Dan  minumlah setelah dingin, lakukan itu rutin 1x sehari.
  • Keputihan
Sediakan sejumput daun kumis kucing dan beluntas lalu cuci sampai bersih, kemudian siapkan pula 1 sendok teh jintan hitam, dan 10 biji kemukus sampai air benar-benar mendidih.  Kemudian minum  secara teratur 1x sehari.
  • Batu Ginjal
Sediakan kurang lebih 20 lembar daun kumis kucing dan 5 lembar daun keji beling yang sudah bersih dengan air yang mengalir,  kemudian rebus dengan 2 gelas air mendidih.  obat siap hidangkan, minum obat ini secara rutin 2 kali sehari.
  • Memperlancar Pengeluaran Air Kemih
Sediakan bahan daun kumis kucing, tanaman meniran, dan akar alang-alang secukupnya. Kemudian rebus dengan 3 gelas air bersih , setelah itu tunggu hingga air tersisa setengah takaran tersebut.  Minumlah setelah dingin, lakukan itu 3x setengah gelas.
  • Encok dan Asam Urat
Sediakan 5 helai daun kumis kucing dan 5 tanaman meniran yang sudah dibersihkan. Kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Ramuan siap dihidangkan, minum sehari 3x sampai sembuh.
  • Sakit Pinggang
Ambilah 7 lembar daun dan 2 potong akar kumis kucing. Kemudian cuci sampai bersih. Kemudian rebus dengan air hingga mendidih, terakhir  minum ramuan ini teratur hingga 2x sehari.
  • Masuk Angin
Ambilah daun kumis kucing secukupnya dan rebus dalam dengan air sampai mendidih sampai takeran setengahnya dari awal. Stelah dingin, minumlah dengan teratur sampai sembuh.

Khasiat Kumis Kucing Bagi Kesehatn memang sangat banyak terutama untuk penyembuhan penyakit.  kumis kucing juga mampu meredakan penyakit asam urat, infeksi kantung kemih dan nyeri pada saat buang air kecil, cara penyembuhannya sama dengan yang kami jelaskan di atas , kita hanya perlu merebus daun kumis kucing sesuai kebutuhan. Minumlah dengan teratur penyakit yang anda derita pun insya Allah akan sembuh.

Itulah beberapa manfaat kumis kucing yang dapat kami informasikan, semoga jadi tambahan ilmu yang anda miliki sekarang dan jangan lupa untuk menyebarkannya. Tak lupa Terimakasih ata kunjungan anda ke blog kami ini.

Baca juga khasiat Daun Salam untuk Pengobatan Tradisional