7 Tips Cara Tetap Sehat dan Bugar Setiap Hari

blogger templates
Cara Tetap Sehat dan Bugar -Tubuh bugar dan sehat merupakan idaman semua orang. Cara-cara ini bisa dijadikan referensi agar anda bisa hidup nyaman. Sehat seeringkali dijadikan suatu hal yang mahal. Namun bila tahu rahasinya, sehat dapat dilakukan dengan cara-cara yang sederhana.

Banyak  orang yang masih bugar dan segar setelah menjalani aktivitas sehari-hari, namun ada juga yang terlihat sangat lemah letih dan lesu tidak bersemangat. Semua itu terjadi karena adanya factor yang berpengaruh terhadap kebugaran dan daya tahan tubuh anda, baik itu dalam menghadapi penyakit maupun dalam hal aktivitas sehari-hari. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh : 
  • Hindari gula berlebih sebagaimana menjauhi rokok
Meskipun gula memeiliki stigma yang melekat seperti merokok, tetapi faktanya banyak mengkonsumsi makanan-makanan manis, terlebih sebagai makanan selingan atau pencuci mulut, bisa sama buruk dampaknya seperti anda menyalakan sebatang rokok. Demikian yang dijelaskan tim penelitian dari University of California. Karena itu, konsumsi gula harus diatur.

7 Cara raih Tubuh Bugar dan sehat
www.tradisionalkesehatan.com

Asupan gula yang tinggi akan meningkatkan jumlah insulin. Insulin tidak hanya mengontrol tekanan gula dalam darah, tetapi juga memicu risiko kanker.

Jumlah gula yang tinggi akan menyebabkan obesitas, berkontribusi dalam kesehatan jantung dalam meningkatkan kolesterol dan diabetes, termasuk masalah pada organ hati. Hampir 35 persen kematian di dunia disebabkan oleh gula.
  • Hadirkan perasaan bahagia dengan tisur satu jam lebih lama
Apa yang harus dilakukan untuk membuat anda lebih bahagia ? sebuah pekerjaan yang lebih baik ? pendapatan yang lebih besar ?
Tapi menurut studi di Amerika Serikat yang dilakukan oleh psikolog Daniel Kahneman dan rekan-rekannya, peningkatan pendapatan rumah tangga sebenarnya hanya sedikit memiliki sedikit efek pada suasana hati sehari-hari. Tidur malam hari satu jam lebih lama dari biasanya, justru dapat menghadirkan kebahagiaan harian pada anda yang selalu sibuk.
  • Selamatkan hidup dengan optimisme
Sudah menjadi rahasia umum bahwa berfikir positif dapat berdampak besar pada kebahagiaan anda. Namun, penelitian juga mengungkapkan bahwa menjadi optimistis dapat membantu anda hidup lebih lama.

Temuan ini merupakan hasil penelitian yang dipubliikasikan dalam EuropeanHeart Journal. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa orang yang optimistis cenderung terhindar dari penyakit jantung. Sedangkan para peneliti di Duke University Medical Center menemukan bahwa pasien penyakit jantung lebih optimistis dengan pengobatan mereka sehingga bisa hidup lebih lama daripada meraka yang tidak.
  • Kunyah permen karet agar kekutan otak meningkat
Tidak punya waktu untuk minum kopoi saat pagi ? cobalah kunyak sebuah permen karet untuk menghadirkan rasa lebih waspada pada otak anda.
Para peneliti di Coventry University telah menemukan bahwa mengunyah permen karet, khususnya rasa mint secara dramatis dapat mengurangi rasa lelah. Sementara itu, studi penelitian terpisah menunjukan bahwa permen karet dapat meningkatkan nilai tes dan meningkatkan daya ingat 35 persen
  • Tangkal depresi dengan menyeruput kopi
Banyak informasi yang mengabarkan bahwa kafein dapat menuai efek buruk pada kesehatan. Tapi, kafein tercipta bukan tanpa manfaat sama sekali.

Penelitian terbaru dari Harvard School of Public Health menyatakan, secangkir kopi dipagi hari tidak hanya memberikan ekstra energi, tetapi juga meningkatkan suasana hati yang berlangsung lebih lama dari yang kita sadari.

Pasalnya, para peneliti yang menangkan hasil penelitiannya pada Journal of American Medicine Associatiion menyimpulkan bahwa kafein bekerja seperti anti depresan dengan menghentikan produksi beberapa hormon seperti serotonin. Sehingga kopi yang mengandung kafein dapat mengurangi perasaan depresi pada seseorang.
  • Olahraga untuk sehat, bukan untuk lebih kurus 
Meskipun banyak orang yang menjalankan olahraga sebagai terapi penurunan berat badan, tetapi program tidak akan pernah berhasil jika tidak dikomendasikan dengan diet yang tepat.
Sebuah studi dipublikasikan dalam The British Journal Medicine menemukan, ketika sekelompok orang gemuk menyelesaikan 12 minggu latihan kaardio, walaupun melakukan exercise dalam pantauan trainer, tetapi tidak mengubah pola makan, maka tidak mengalami penurunan berat badan yang signifikan.

Jadi penting untuk diingat bahwa olahraga bukan semata untuk menurunkan berat badan. Olahraga penting untuk kesehatan tubuh dan memberikan banyak manfaat kesehatan pada diri seseorang.

Itulah cara raih tubuh bugar dan sehat, mudah-mudahan bermanfaat. Baca juga artikel kami yang lain tentang Manfaat Aktivitas Berjalan Kaki dapat Mengobati serangan Jantung