Khasiat dan Manfaat Wortel untuk kesehatan Mata

blogger templates
Kesehatan Tradisional. -Wortel adalah salahsatu satu sayuran yang sangat akrab dengan kita, bahkan diseluruh dunia. Wortel mudah sekali dikenal karna warnanya yang merah muda dan bentuknya yang  lonjong. Sayuran yang ini memang sangat digemari karena kandungan gizinya yang terkenal banyak. Memang ibu-ibu sudah sepantasnya jika memasak  sering mencampurkan wortel kedalamnya. Selain rasanya yang sedikit manis juga digemari anak-anak. Khasiat wortel bagi tubuh kita sangatlah menumpuk diantaranya , mencegah penyakit kanker, menyehatkan kulit, menjaga kesehatan mata, menjaga awet muda dan masih banyak lagi.
 

Khasiat dan Manfaat Wortel bagi kesehatan



Kandungan wortel :
-Kandungan gizi    :  100 gr ( 3,5 oz)
-Energi                   : 173 kJ (41 kcl)
-Protein                  : 1 g
-Karbohidrat          : 9 g
-Lemak                  : 0,2 g
-Gula                      : 5 g
-Kalsium                : 33 mg (3%)
-Kalium                  : 240 mg (5%)
-Magnesium          : 18 mg (5%)
-Sodium                 : 2,4 mg (0%)
-Vitamin A equiv   : 835 mg (93%)
-Vitamin B6           : 0,1 mg (8%)
-Vitamin C             : 7 mg (12%)
 


  • Menghilangkan Alergi Ikan Laut
KELUARGA kami tadinyah sangat alergi pada ikan laut. Baik udang atau ikan laut lainya. Saya pernah berbincang-bincang dengan orang asing mengenai hal ini. Ia menyarankan kalu mau masak ikan laut hendaknyah dicampur dengan wortel (Daucus carota Linn).
Caranyah sebagai berikut : ikan laut digoreng.wortel diparut. Campur atau adukan wortel dengan ikan yang akan digoreng. Kalau dimasak, tergantung pada selera masing-masing, dipotong halus atau kasar.
Berkat petunjuk inilah keluarga kami terhindar dari alergi ikan laut.

  • Menyehatkan Kulit dan Perawatan Wajah
Kandungan Vitamin A yang terdapat pada wortel dapt menghilangkan bercak hitam atau flek hitam pada wajah dan menyehatkan kulit. Gunakanlah wortel sebagai masker karna dapat mencerahkan wajah  caranya : ambilah wortel secukupnya, parut/blenderlah sampai lembut, setelah itu tuangkan dalam cawan lalu tambahkan madu 1 sendok makan dan aduk hingga rata. Sebelum menggunakan masker pada wajah basuhlah wajah terlebih dulu. Dan oleskan pada wajah hingga rata diamkan selama 15-30 menit. Setelah itu bilaslah wajah menggunakan air hangat, lalau bilas juga dengan air dingin. Lakukanlah dengan rutin agar mendapat hasil yang maksimal.
 
  • Menurunkan Kolestrol
Caranya sangat mudah hanya dengan meminum jus wortel dengan rutin saja.
 
  • Mencegah Penyakit Jantung
Caranya sama dengan mengkonsumsi jus wortel dengan rutin insyaallah penyakit jantungpun hilang.
 
  • Mencegah Struk
Cukup dengan mengkonsumsi wortel sebanyak 6 buah setiap hari. 

Khasiat wortel untuk kesehatan memang sangatlah banyak, mungkin masih lebih dari ini. Semoga apa yang saaya informasikan ini bermanfaat.


Baca juga artikel Khasiat Kcang Panjang Untuk Memperindah Payudara