Khasiat dan Manfaat Delima Bagi Kesehatan

blogger templates
Khasiat Buah Delima Untuk Pengobatan. -Buah delima atau dengan nama latinnya Punica granatum yang masih termasuk dalam keluarga Punicaceae merupakan tumbuhan  yang memiliki bentuk buah bulat berdiameter 5-12 cm, dengan warna kulit beragam, seperti putih, coklat kemerahan, hijau keunguan, atau ungu kehitaman, kadang terdapat bercak-bercak menonjol berwarna tebih tua. 

Buah delima berasal dari Timur Tengah teptnya berasal dari Iran. Tumbuhan ini akan tumbuh dengan baik di tanah yang gembur dan tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Banyak orang menanmnya di kebun sebagi tanaman hias atau sebagai tanaman obat .

Buah delima sangatlah banyak akan khasiat, tidak heran kalau banyak orang ingin menanamnya. Selain enak dimakan buah delima memiliki kandungan gizi yang melimpah seperti, alkaloid pelletierene, granatik, ursolic acid, betulic acid, isoquercitirin, elligatanin, triterpenoid, resin, kalsium oksalat, dan pati yang terdapat pad buah delimanya. Dan bagi kalian yang suka dengan Jus buah, sangatlah tepat menjadikan buah delima menjadi jus karena dalam segelas buah deliama mengandung asam sitrat, asama glukosa, maltosa, fruktosa, vitamin A, C, mineral dan tanin. 

Dari kandungan gizinya, hampir semua bagian dari tanaman buah deliama biasa kita manfaatkan menjadi obat tradisional, dari mulai buah, akar, biji, daun, bunga, hingga sampai kulit pohonya. Langsung ajas simak dibawah ini tentang manfaat buah delima untuk oabt tradisional mengatasi berbagai pentakit. 


Khasiat Buah Delima Bagi Pengobatan Tradisional
www.tradisionalkesehatan.com



  • Mengobati Sariawan
Sediakan buah delima segar yang sudah masak, ambil isi berikut bijinya. Kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu tambahkan satu gelas air sambil diaduk, dan saring airnya. Gunakan sari dari buah delima itu untuk berkumur, lalu telan. Lakukan sampai sembuh 2-3 kali sehari.
  • Mengobati Suara Serak dan tenggorokan kering
Caranya sangat simple ambil 1 buah delima yang sudah masak, lalu ambil isinya . kunyah dan buang bijinya . lakukan itu sampai sembuh.
  • Mengobati Batuk yang sudah berlangsung lama
Sediakan delima yang belum terlalu masak, lalu belah dan ambil bijinya. Kunyah dan buang bijinya lakukan itu setiap malam sebelum tidur.
  • Mengobati Cacingan
Sediakan buah delima kemuadian jadikan jus, setelah itu jus tersebut campur dengan jus wortel, dengan takaran masing-masing setengah gelas, kemuduan aduk sampai merata. Minumlah sekaligus.

Manfaat Kulit Buah Delima
  • Mengobati Cacingan
Sediakan Kulit delima yang sudah kering dan serbuk biji pinang (Masing-masing 15 gr). Kemudian rebus dengan 3 gelas air bersih sampai mendidih. Kemudan tunggu sampai dingin dan saring . Minumlah sekaligus sebelum makan pagi.

Manfaat Akar Buah Delima

  • Mengobati Keputihan
Sediakan 30 gr kulit delima yang sudah kering dan 15 gr herba sambilito kering . kemudian rebus dengan 1 liter air bersih sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin , saring dan diminum 3 kali sehari . Air ini juga bisa dimanfaatkan untuk cuci vagina. Khusu wanita yang sudah menikah, gunakan alat semprot sehingga masuk keliang vagina.
  • Mengobati Cacingan
Ambil 7 gr akar delima yang sudah dikeringkan (cuci bersih) kemudian potong-potong seperlunya. Setelah itu rebus dengan satu gelas air selama 15 menit. Kemudian saring dan minumlah sekaligus setelah dingin.

Manfaat Bunga Pohon Delima
  • Mengobati Pendarahan
Rebus 20 gr bunga delima dengan 3 gelas ir bersih sampai tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan ini dua kali sehari dengan takaran tiga perempat gelas.
  • Mengobati Luka
Ambilah serbuk kulit buah delima atau bunga delima secukupnya, lalu campurkan dengan minyak wijen. Aduk sampai rata, lalu oleskan pada bagian yang luka.
  • Mengobati Radang Gusi
Sediakan 7 kuntum bunga delima lalu cuci dengan air bersih. Setelah itu rebus dengan satu gelas air sampai mendidih. Kemudian saring, setelah dingin gunakan untuk berkumur.


Manfaat Biji Buah Delima
  • Mengobati Demam, Batuk, dan Mengatasi Keracunan
Masukkan satu sendok makan biji buah delima kering kedalam segelas jus nanas yang belum terlalu masak. Aduk sampai rata, minumlah dalam keadaan perut kosong.

Nah dari ssdikit banyaknya manfaat buah delima yang sudah kami jelaskan diatas, pastinya kalian tertarikkan untuk memakan buah delima. Semoga Khasiat Buah Delima Bagi Pengobatan Tradisional ini bermanfaat bagi kita semua khususnya yang membaca artikel ini. Dan terimaksih atas kunjungan anda ke situs ini.